Sunday, November 2, 2014

TIPS ANTISIPASI PENCURIAN MOBIL





Dengan memanfaatkan kelengahan kita biasanya para pelaku kejahatan melancarkan aksinya dengan berbagai modus. Oleh sebab itu, sebagai smart driver kita juga mesti meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor saat ini yang semakin marak.
Faktor keamanan pada mobil yang lemah biasanya menjadi makanan empuk bagi para pelaku pencurian. Parahnya lagi, masih banyak pengendara mobil yang menganggap remeh pentingnya melengkapi mobil dengan berbagai faktor keamanan. Padahal, dengan meningkatkan kewaspadaan dan melengkapi mobil dengan berbagai sistem keamanan, para pencuri/maling akan susah melancarkan aksinya.
Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada tidak sama sekali, berikut adalah beberapa tips keamanan pada mobil :

Alarm mobil
Alarm merupakan sistem standar keamanan yang biasanya sudah terpasang pada setiap mobil saat ini. Dasar pertimbangan melengkapi mobil dengan alarm sangat sederhana yaitu untuk menggeretak maling supaya membatalkan aksi jahatnya. Alarm mampu memberikan efek shock therapy dengan suaranya yang keras dan memancing perhatian orang di sekitar mobil Anda.
Sekarang ini juga makin banyak tipe alarm yang bisa Anda dapatkan di toko aksesori mobil. Yang standar biasanya hanya memiliki sensor remote dan anti start. Sementara untuk alarm yang sedikit canggih sudah dilengkapi dengan sensor sentuh, gerak, ruang, dan kode akses yang dapat diganti setiap saat.

Jangan lupa kunci stir mobil
Ini dia yang biasanya menjadi biang keteledoran para pengendara mobil. Banyak orang yang karena terburu-buru atau sedang banyak pikiran lupa mengunci stir mobil saat diparkir. Alat pengunci stir mobil pun saat ini banyak ditemukan di toko aksesori dengan pilihan yang variatif. Ada yang khusus pengunci stir, rem dan ban, serta masih banyak lagi. Cara kerjanya sederhana namun efektif yaitu mengaitkan bagian stir movil dengan salah satu komponen dari pedal rem, kopling, atau gas sehingga mobil tidak bisa digerakkan.

GPS (Global Positioning System)
GPS adalah suatu alat/device yang dapat melacak atau mengetahui posisi kendaraan Anda setelah mobil dicuri. Biasanya alat ini dipasang tersembunyi dan delengkapi dengan sebuah kartu untuk mengirim data via server. Dengan bantuan GPS, pelacakan mobil saat dicuri akan mudah dilakukan. Tapi biasanya, GPS punya radius pelacakan tertentu yang patut diperhatikan.

Pemutus Aliran
Sistem keamanan pada mobil yang juga bisa menjadi alternatif pencegah kejahatan adalah “pemutus aliran”. Ini juga bisa didapatkan di toko-toko aksesoris mobil terdekat. Sistem ini cara kerjanya adalah dengan memutus pengapian, pompa bahan bakar, dan kelistrikan pada mobil Anda. Biasanya tombol pemutus aliran ini diletakkan tersembunyi sehingga pada saat maling berupaya mencuri mobil Anda, ia akan kesulitan menyalakan mobil karena “aliran”-nya sudah diputus.
Itulah beberapa tips terkait meningkatkan keamanan pada mobil Anda dimana tingkat kejahatan biasanya meningkat. Semoga beberapa tips di atas cukup bermanfaat mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor, khususnya mobil, yang saat ini semakin marak terjadi.

Dengan Menggunakan Perlindungan SmartEdsy, mobil anda mendapat perlindungan ganda, karena SmartEdsy memiliki fitur Alarm dan Pemutus Aliran, dan hanya dapat diaktifkan dengan sensor sentuh, gerak, suara atau cahaya.
Salam SmartEdsy

No comments:

Post a Comment